intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Wednesday, October 17, 2012

Sharing at Pecha Kucha Jogja vol.4


Beberapa hari yang lalu tiba-tiba menerima email undangan untuk mengisi Pecha Kucha Jogja vol.4. 13 oktober 2012 malam di Waterbank cafe.

Serius, aku sama sekali belum pernah dengar apa itu Pecha Kucha.
Tapi tetap ku iya kan saja undangan itu karena selain tampaknya kesempatan untuk Poyeng kenal orang-orang baru, juga karena owner Poyeng memang punya kecenderungan tertarik nyobain hal-hal baru. :-P

Maka sudah jadi keharusan aku langsung buka google dan cari tahu tentang hal ini (setidaknya biar bisa siap-siap dikit lah).

Dari mbah Google aku menemukan bahwa Pecha Kucha adalah sebuah teknik presentasi dimana kamu menyediakan 20 gambar yang akan bergeser setiap 20 detik. Pecha kucha sendiri artinya chit chat dalam bahasa jepang. Ini adalah teknik presentasi yang mencegah kamu melenceng dari tema yang ingin kamu omongkan, sekaligus mencegah kamu jadi ngomong ngalor ngidul ngga jelas. Dan berbeda dengan teknik presentasi umumnya, Pecha Kucha justru lebih membutuhkan latihan dan persiapan sebelum tampil (buat detilnya, search mbah Google aja ya :-P )

Owner Poyeng tipe yang ga suka presentasi di depan umum, jadi awalnya kupikir : wah, bakal susah nih nyari 20 gambar dan pasti bakalan banyak saat kikuk karena nungguin gambar ganti.

Memang sih catatan rundown mau ngomong apa jadinya pendek, tapi sehabis ngumpulin gambar, kejadiannya malah lebih sulit ngerangkum gambar hanya jadi 20 saja. Dan setelah coba latian ngomong (sambil pegang timer), ngobrolin 1 gambar dalam 20 detik saja itu susaah... Banyak yang ternyata harus dipangkas dimampatkan. (ga kusangka, ternyata aku cerewet juga).

Di hari-H sendiri.. Yang awalnya aku niat mau bawa kepekan dikit kalo-kalo lupa apa yang mo diobrolin, setelah sampe di depan, si kepekan cuma dikibas-kibas aja sembari aku ngomong sambil berusaha ga ketinggalan ma gambar.

* coba aku dah tau teknik presentasi ini pas ujian skripsi dulu.. Kayaknya mungkin gak sekagol dulu jadinya (T▽T) *

Yah, diluar sharing soal nyobain teknik presentasi baru, aku senang karena malam itu bisa sharing bareng inspirator lain yang (menurutku) keren-keren.
Seperti Ulen Sentalu, JToku, yang punya nanamia, founder fotografer.net, scollarship traveler yang baru kelas 3 sma tp dah dpt beasiswa pertukaran pelajar 3x, dan lain-lain.

(Jadi ceritanya aku memang kesitu karena pingin dengerin mereka sharing, sambil nyelipin sharing juga, ya kenapa tidak? Hihi)

Terimakasih sudah ikut diundang (≧∇≦)/

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
beberapa link tersambung ke Facebook. Pastikan situs tersebut tidak terblokir di tempatmu :) Tidak perlu punya akun FB untuk bisa membuka Page Poyeng ;)