intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Wednesday, September 25, 2013

Knitting 101 = Aksesoris dalam Knitting

Kalau kamu melihat folder aksesoris di Poyeng, mungkin ada yang heran, kenapa ada banyak dan kenapa dibedakan menjadi dasar dan lanjutan? Kali ini Poyeng akan sedikit membicarakan bermacam aksesoris yang dipakai dalam knitting. Poyeng akan mencoba mengurutkannya dari seringnya aksesoris tersebut dipegang dan dipakai.


1. Meteran kain

Bukan cuma penjahit yang punya senjata andalan meteran kain, karena knitter pun juga memerlukan benda ini sebagai perlengkapan dasar mereka. Benda ini dipakai untuk mengukur gauge sebelum mulai merajut dan mengukur sudah sepanjang mana rajutanmu. Dan bakalan sering banget dipegang!

2. Gunting benang

Bermain dengan benang berarti harus sedia gunting. Sediakan sebuah gunting kecil yang muat di dompetmu yang hanya kamu pakai khusus untuk memotong benang.

3. Tapestry

Bahkan merajut pun kadang perlu menjahit! Seperti misalnya menyambung dua bagian sweater, atau merapikan benang setelah rajutan selesai. Pilih yang memiliki lubang jarum yang besar, karena benang rajut memang lebih besar dari benang jahit. :)

4. Stitch Marker


Knitter membutuhkan alat ini untuk menandai rajutan. Misal awal rajutan memutar topi, atau awal dan akhir dari pola motif di bagian rajutanmu. Stitch marker hadir dalam berbagai macam bentuk. Pilih saja yang kamu suka. Stitch marker yang lucu lumayan menambah semangat merajut lho. :)

5. Cable Needle

Sudah mulai masuk ke perlengkapan lanjutan, cable needle seperti namanya memang merupakan alat bantu untuk membuat tusuk cable dalam knitting. Meskipun ada teknik yang membantumu untuk mengerjakannya tanpa alat bantu, tapi kalau tidak mau repot, cable needle adalah a must jika kamu membuat tusuk cable.

6. Point Protector



Benda yang satu ini dipakai dengan cara disumpelkan di ujung runcing jarummu. Fungsinya adalah mencegah supaya rajutanmu tidak melorot ketika kamu sedang ingin istirahat merajut di tengah-tengah proyek.

7. Stitch Holder

Sedangkan benda yang satu ini fungsinya untuk 'menyimpankan' rajutanmu, sementara kamu perlu memakai jarum yang dipakai untuk mengerjakan untuk mengerjakan bagian rajutan yang lain, atau malah mengerjakan proyek lain lagi dan memutuskan rajutanmu yang ini hibernate dulu.

8. Pom-pom maker


Kalau kamu melihat ada bentuk bulat lucu di ujung rajutan, itulah yang disebut pom-pom. Alat ini membantumu untuk mempermudah dalam membuatnya.

9. Pengukur diameter jarum knitting



Beberapa jarum knitting tidak memiliki tulisan ukuran di badannya, dan kadang kita mencampur banyak ukuran dalam satu wadah lalu kebingungan ketika kita membutuhkan salah satunya, alat ini membantu mengatasi masalah tersebut.

10. Row Counter



Menghitung adalah satu hal yang sering sekali dilakukan oleh knitter, ada yang bikin turus di kertas, ada yang pakai ingatan, lalu ada pula yang memakai row counter untuk membantunya mengingat-ingat sudah sampai baris berapa dia mengerjakan rajutannya.

11. Bobbins

 

alat yang satu ini dipakai kalau kamu membuat rajutan yang melibatkan banyak benang dalam sekali waktu, seperti teknik intarsia. Fungsinya tentunya untuk menggulung benang-benang ukuran kecil yang akan kamu pakai dalam proyekmu, sekaligus menjepit ujungnya supaya tidak menggelinding lari kemana-mana.

12. Pins

 

benda kecil dan banyak ini selain dipakai dalam menjahit dan memakai jilbab, juga bisa dipakai untuk menjepit rajutanmu ketika kamu sedang melakukan blocking.

Dapatkan aksesoris rajutmu di poyenghobby.com

 

Salam rajut dari Poyeng!


:D


No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
beberapa link tersambung ke Facebook. Pastikan situs tersebut tidak terblokir di tempatmu :) Tidak perlu punya akun FB untuk bisa membuka Page Poyeng ;)

Sponsored Video