intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Wednesday, October 2, 2013

Knitting 101 = Membedakan rajutan Knitting dan Crochet

Di Indonesia mungkin banyak yang belum bisa membedakan antara knitting dan crochet.. Bahkan malah ngga tahu knitting dan crochet itu berbeda. Beberapa (terutama yang tidak pernah merajut) terkadang salah menamai barang yang dia maksud.
Dalam kasus Poyeng handmade sendiri contohnya hanya menerima pesanan rajutan knitting, tapi banyak pelanggan yang memberikan contoh gambar yang dia mau ternyata dibuat dengan teknik crochet, biasanya selama pelanggan mau di convert ke knitting, Poyeng akan menerima tantangan tersebut dengan senang hati. :)

Kali ini Poyeng akan sedikit membicarakan tentang beda knitting dan crochet, supaya para penggemar handmade awam bisa membedakan, dan yang mau belajar merajut pun tahu teknik mana yang sebenarnya mau dia pelajari. (Btw, kita tidak akan membicarakan sejarahnya atau bagaimana teknik belajarnya, karena dengan sedikit googling, kita bisa mendapatkannya dengan cukup lengkap.)

1. Bahasa 
Crochet dalam penerjemahan bahasa Indonesianya di kamus sebenarnya disebut merenda. Sedangkan merajut sebenarnya adalah terjemahan bahasa Indonesia untuk knitting. Bisa kamu dicek di Google translate.

2. Alat 
Crochet memakai alat berupa gagang pendek berujung kait. Sedangkan knitting memakai alat yang lebih panjang yang berujung runcing tanpa kait.

knitting needle
crochet needle


3. Teknik
Knitting dan crochet memakai teknik yang sama sekali berbeda. Dalam crochet contoh istilahnya adalah ch, dc, sc. Sedangkan pada knitting contoh istilahnya adalah K, P, YO.

sumber : tincanknits
contoh chart dan istilah crochet

4. Hasil

inspirasi Crochet baby set dari babyinthehat[dot]com
hasil adaptasi ke Knitting oleh Poyeng dari inspirasi diatas
Perhatikan pada gambar diatas dan kau bisa melihat bahwa hasil rajutan knitting dan crochet sama sekali berbeda tekstur permukaannya (dan juga kelenturannya jika kamu bisa memegangnya).

Meskipun beberapa teknik di kedua jenis needlework ini bisa menghasilkan rajutan dengan hasil yang menyerupai teknik satunya, tetap terlihat bedanya (gambar di bawah).

cable knitting
cable crochet

Semoga dengan artikel singkat ini, kamu sebagai pengemar handmade awam sudah bisa membedakan apakah Knitting atau Crochet kah rajutan yang sedang kamu pegang atau tulisan pattern yang sedang kamu baca itu.


Salam rajut dari Poyeng!


:D

4 comments:

  1. mba, apakah di toko poyeng menyediakan alat2 di atas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan langsung cek ke poyenghobby.com ;)

      Delete
  2. Klu untk pemula lebih baik belajar yang mana dulu? Kniting atau crochet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja dua-duanya. Habis itu pilih mana yg lebih disuka.. (atau dilanjut dua-duanya :P)

      Delete

Related Posts with Thumbnails
beberapa link tersambung ke Facebook. Pastikan situs tersebut tidak terblokir di tempatmu :) Tidak perlu punya akun FB untuk bisa membuka Page Poyeng ;)

Sponsored Video