intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Sunday, March 29, 2015

Mengenal Asisten Poyeng : Resti

* postingan ini adalah artikel gaya bercerita yang memang bener-bener dari tangan pertama. :)



Halo, perkenalkan namaku Resti. 23 tahun yang lalu aku lahir di Jakarta tanggal 29 Januari. Aku masih aktif sebagai mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian UGM. Juga aktif bekerja di Career Center milik UGM (ECCUGM) sebagai staf admin. 3 hal yang menggambarkan aku adalah open minded, easy going dan active. Aku senang bertemu dengan orang baru, belajar banyak hal baru dan berusaha mengahadapi tantangan yang baru setidap harinya. Namun, ada saat dimana aku punya 'me time' dimana aku cuma mau hang out sama diriku sendiri aja. Selama 'me time', biasanya aku menghibur diriku dengan membaca komik dan menonton serial Korea - Jepang.

Oiya, awal aku tertarik mendalami crafting, khususnya crocheting dan knitting, dimulai karena kebosanan. Pada 2013, aku berkesempatan sekolah di Universitas Kochi, Jepang dalam program pertukaran pelajar. Cukup bosan dengan rutinitas sekolah, lalu aku window shopping di distrik sekitar asrama. Secara kebetulan, entah magnet apa yang menarikku masuk ke toko craft. Di sana ada beberapa nenek yang sedang merajut dan merenda. Aku tertarik untuk mencoba aktivitas itu.
Sepertinya menarik ! Akhirnya aku pun jatuh cinta, walaupun sulit dan ada gap bahasa yang harus ku lalui selama belajar.

Setelah pulang ke Yogyakarta, aku browsing toko yang menjual benang dan alat rajut. Ada satu toko yang unik, menurutku, karena selain menjual benang, di toko ini kita bisa sharing dan konsul tanpa dikenakan biaya tentang proyek rajut yang sedang kita kerjakan. That was Poyeng ! Di minggu terakhir Januari 2014, aku berkunjung ke Poyeng dan tercantum lowongan kerja untuk part-timer.

Dari situ, aku kirim CV dan portofolio hasil rajutanku ke email pemilik Poyeng. Ga nyangka, aku di sms pemilik. Poyeng dan diundang interview, horeeeee ! Aku diterima sebagai part-timer di Poyeng dan resmi mulai 'kongkow rutin' pada minggu terakhir di bulan Maret. Tak terasa sudah 1 tahun lebih aku jadi bagian dari Poyeng. Aku suka iklim kerja di Poyeng yang kekeluargaan, jadi aku merasa hampir tidak ada persaingan diantara part-timer lainnya. Kita ketawa bareng, curhat bareng, makan bareng, bahkan sempet tidur bareng juga. Mereka menjadi salah satu kepingan dalam kisah hidup rantauku, #ciyeeeee~

Bekerja di Poyeng menjadi hal yang membuatku berkembang secara profesional dan personal. Aku banyak belajar teknik - teknik knitting dan crocheting. Teman - teman part timer tidak pelit berbagi ilmu denganku yang masih novice ini. Proyek rajutan yang ku kerjakan juga tidak melulu satu macam.

Karakter pelanggan Poyeng yang beragam membuatku belajar menyesuaikan diri dan mengaktualisasikan diri menjadi lebih baik, juga membuatku belajar berkomunikasi yang efektif dengan lawan bicara dari latar belakang yang berbeda-beda. Aku yakin suatu hari Poyeng bisa jadi salah satu tren dalam dunia usaha craft di Indonesia, tak hanya di Yogyakarta, dengan harapan Poyeng mampu membuka cabang di daerah yang lain. Amiiiin !

Satu hal yang aku kutip dari unknown quote, 'good thing takes time', and yeep indeed ! Good thing isn't always starting well. Godspeed Poyeng !

Apa kata Resti tentang owner Poyeng :

Mba ajeng : she's like firework ! Spontan tapi menarik untuk diamati hohoho~Kalo JLo mengasuransikan bokongnya karena saking berharganya, aku menyarankan mba Ajeng untuk mengasuransikan kedua tangannya. Banyak karya yang dihasilkan mba Ajeng. Dia seniman multitalent. Cukup dengan tutorial atau DIY (do it yourself) project, mba Ajeng berkreasi dengan caranya sendiri.

Mas bas : Dia itu atasan kerja yang usil yang pernah ku temui hehehe~Senang pernah bekerja untuknya. Aku tidak merasa terbebani atas kerjaan yang diberikan olehnya.


Apa kata asisten lain tentang Resti :

Ria
salah satu temen dan berbagi cerita juga selain wina. Karena seumuran dan seangkatan juga. 11/12 sama aku, ceplas ceplos dan ibu pejabat selain aku. Haha. Aslinya crocheter, suka bikin amigurumi, tapi aku belom dbikinin sampe sekarang. Wkwkwk
Annis
nah dia kelihatan banget paling moody mungkin yang lain juga sih, tapi kalo dia paling keliatan.
Aya
Resti entah kenapa selalu terlihat sibuk dengan jadwal ini itu.. Mungkin status “ibu pejabat” yang tadinya dipegang Ria dilimpahin aja ke dia.. :p
Wina
Resti ituu orang yang aman kalo dimintain pendapat karena biasanya jawab apa adanya. Hard worker dan suka bikin jaringan macam laba-laba. Kenalannya adaaa aja dimana-mana. kadang aku heran, dia sering dapet info-info dari yang normal sampe yang aneh yang aku ga paham itu asalnya dari mana. Kalo Resti ga kedengeran suaranya lagi, biasanya dia udah pegang gadget dan utek-utek sosmed atau grup. Aku suka sama Resti kalo dia udah chat, “Aku mau mampir geprekan trus moyeng.ada yang mau nitip??” :D.
Irin
kebalikan dari anis, dia yang paling sedikit jadwal nya harus "duet" sama aku. ibu pejabat ke 2 setelah ria, (jadwal meeting luar poyeng nya puadeeet). mungkin kalo orang pertama kali belajar sama dia,pasti mikir "wah mba nya galak banget", padahal itu asli suara biasa bukan marah2 ato emosi. and dia penyanyang anak kecilll :D
mba Poyeng
asisten paling terakhir di Poyeng ini multilingual! Suka parttime dimana-mana dan juga paling hobi bikin foto narsis (juga dimana-mana). Anak betawi yang nada bicaranya kalo belum kenal bisa dikira galak, tapi kalo mau bisa juga pakai nada manis ala customer service. Kakinya kecil karena kemana-mana naik sepeda terus. Suka bikinin mamanya rajutan meskipun kadang sama mamanya dilegoin lagi :p


No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
beberapa link tersambung ke Facebook. Pastikan situs tersebut tidak terblokir di tempatmu :) Tidak perlu punya akun FB untuk bisa membuka Page Poyeng ;)