intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Tuesday, January 3, 2017

Product Review: Jarum DPN 16mm Poyeng untuk benang Jumbo

Selamat tahun baru semuanyaa!!

Maafkan karena Poyeng lama banget enggak update blog ini. Ternyata menulis itu butuh mood dan kemauan. Dan admin miskin kedua hal tersebut. Hahahaha #ketawagaring #ngeles

Meskipun jarang nulis di blog, tapi kalau kamu follow instagram poyeng, kamu pasti tahu semua update-an Poyeng, karena ternyata admin passion sharing fotonya jauh-jauh lebih gede daripada kemauan nulis blog. Hahahaha #ketawagaringlagi #kenatoyor

Harapan awal tahun sih semoga admin bakal lebih rajin nulis dan update blog, yah setidaknya sekali sebulan lah. Entah diisi info produk baru Poyeng, info kegiatan di workshop Poyeng, review buku rajut, ngomongin asisten, atau ngobrol sama perajut yang lain.. Doain semoga admin ga kumat malasnya ya.. :D #aamiin

Btw, ngomongin produk terbarunya Poyeng, kamu pasti sudah tahu donk dengan kehadiran benang Red Heart di Poyeng. Terutama si benang jumbo Grande. Meskipun benang ini sebenarnya ayo aja kalau mau dirajut langsung pake tangan (arm knitting), tapi rasanya gatel juga kalo Poyeng ga berusaha menyediakan jarumnya. Search sana sini, susah banget cari jarum dengan size dan diameter yang Poyeng mau untuk dipasangkan dengan benang Red Heart Grande ini. Akhirnya bekerjasama dengan kawan yang bergerak di bidang furniture modern, berhasil juga lahir jarum ini.

klik foto atau di [SINI] untuk info lebih lanjut
Jarum cantik DPN 34cm size 16mm ini fully handmade dan karenanya terbatas stoknya. Dan asyiknya lagi jarum ini dijual satuan, jadi kamu bisa kalo mau beli satu, dua, tiga, atau lima. Terserah kamu. :)

Sudah ditest drive juga sama asisten Poyeng yang merupakan true evangelist Poyeng yang pasti selalu ga mau ketinggalan semua barang baru Poyeng.

Bikin topi hanya dalam 3-4 jam saja! Memakai segulung Red Heart Grande dan 4 buah DPN 16 mm Poyeng.

Earflap hat karya @idwinaai 
video
Cute pom-pom hat by @rienestelle 



Salam rajut!!


ig: @poyenghobby
blog.poyenghobby.com

Tuesday, August 30, 2016

Poyeng buka stand juga di FKY 28 lho, Ayo main!


*siang pertama stand Poyeng, salam dari asisten-asisten Poyeng ^ ^
Poyeng sebenarnya jarang sekali ikut event atau bazaar atau pameran atau apapun yang melibatkan bikin stand di sebuah acara. Tapi tahun ini Poyeng akhirnya nyobain juga ikutan acara seperti ini karena kita ingin lebih memperkenalkan Poyeng ke teman-teman yang belum pernah mendengar Poyeng atau belum tahu kalo ada tempat jual benang rajut yang juga menyediakan pelajaran merajut gratis di Jogja.

Event yang dipilih Poyeng sebagai tempat berkenalan adalah Festival Kesenian Yogyakarta #28. Sebuah event tahunan yang ditunggu banyak orang, baik dari yang mau berkunjung, dan yang mau dikunjungi. Banyak sekali stand asyik, makanan enak, dan acara yang seru! Saking banyaknya agenda, bahkan rasanya tidak membosankan meski berada disana tiap hari.

FKY tahun ini dimulai dari tanggal 23 Agustus hingga 9 September 2016, di Taman Festival Kuliner Condongcatur Sleman.

*suasana stand Poyeng di malam hari, ketika sedang selo (lega)
Settingan stand Poyeng dibuat nggak jauh beda dengan workshop Poyeng. Bisa dibilang workshop versi mini.

Benang-benang dan alat ditaruh di satu sisi, dan tempat duduk serta alas nyaman ditaruh di sisi yang lain. Karena Poyeng ingin memperkenalkan konsep workshop Poyeng untuk mereka yang belum pernah main ke Poyeng; Sebuah swalayan benang yang juga menyediakan tempat untuk menunggu atau duduk dan belajar merajut.


Bahkan selama event ini, untuk memperkenalkan keluarga benang baru di Poyeng: Red Heart. Poyeng membawa serta diskon 15% untuk segala pembelian benang merk Red Heart, baik di stand Poyeng di FKY, di workshop-workshop Poyeng, atau di website Poyeng.

Jadi, ayo main! ^ ^


Cek ig @poyeng_inact untuk tahu update-an asisten Poyeng tentang keadaan di stand. Dan jangan lupa follow ig @poyenghobby untuk tahu update-an yang ada di Poyeng. ;)



Salam Rajut!


blog.poyenghobby.com

Saturday, July 16, 2016

Mengenal Asisten Poyeng: Henny

* postingan ini adalah artikel gaya bercerita yang memang bener-bener dari tangan pertama. :)

Double N pake Y. Panggil saya Henny. Anak bungsu dan sudah jadi tante dengan 3 keponakan (mungkin masih akan bertambah lagi di hari-hari esok), semuanya laki-laki. Asli Ngawi dan merantau ke Yogyakarta sejak tahun 2009. Sempat pulang kampung setahun sekitar 2014-2015 dan sekarang balik ke Jogja lagi. Lulusan Sastra Arab, tapi jangan tanya saya tentang bahasa Arab. 

Bolehlah kalau tanya-tanya tentang sastra. Jujur, kemampuan saya dalam berbahasa asing memang amat sangat rendah. Jangankan bahasa Arab, bahasa Inggris saja entah apa kabarnya.

Perkenalan saya dengan Poyeng bermula tahun 2014 silam. Saat itu saya baru saja lulus. Jadilah status saya adalah pengangguran yang setiap hari ketar-ketir menunggu jawaban lamaran kerja. Begitulah nasib orang yang tak kunjung dilamar kamu #eh.

Kisahnya begini. Seorang kawan yang tinggal sekontrakan dengan saya terlihat sedang merajut, dengan dua jarum! Wah, ini seperti di tivi-tivi! Begitu pikir saya. Tanpa pikir panjang, saya minta diajari cara merajut dengan dua jarum yang kemudian saya tahu jarum itu disebut breien. Selama ini, saya hanya tahu cara merajut dengan satu jarum (hakpen) yang kemudian saya ketahui teknik merajut ini dikenal dengan istilah crochet (baca krosye, bukan kroket ya, kalau dibaca kroket jadinya lapar). Guru mata pelajaran Tata Busana jaman SMP-lah yang dulu mengajari saya merajut menggunakan hakpen.

Singkat cerita, kawan saya itu mengajak saya ke Poyeng untuk membeli alat-alat rajut. Di sana saya melihat kertas yang ditempel di balik komputer. Poyeng sedang mencari parttimer, demikian tulisannya. Sempat ragu, maju mundur hendak mengirim lamaran. Tetapi akhirnya saya kirim juga. Semua jenis pekerjaan dilamar aja lah pokoknya, demikian ikhtiar saya. Lalu, jadilah saya asisten Poyeng dengan modal bisa membuat cast-on dan tusuk K. Tusuk paling dasar dalam rajut knitting. Nah, saya tahu istilah crochet dan knitting ini dari Poyeng.

Saya memang belajar knitting dari kawan saya yang sekontrakan itu. Tetapi Poyeng beserta seluruh isinya lah yang mendorong saya untuk selalu meningkatkan skill knitting. Bagaimana tidak, saat saya sedang jaga dan tidak merajut, asisten lain pasti tanya begini, “Kamu nggak ngerajut, Hen?”. Alamak, rasanya seperti dulu ketika ngemil bumbu dapur dan ketahuan ibu. Bukannya saya tidak mau merajut, tetapi belum kuat beli banyak benang (garuk tembok). 

Poyeng juga menyediakan banyak buku-buku merajut, baik crochet maupun knitting. Buku-buku itulah yang paling banyak mempengaruhi saya untuk merajut ini-itu. Ah, buku memang selalu menjadi sahabat saya yang paling setia. Meskipun buku-buku itu semuanya berbahasa Inggris, tabrak! Maka tidak heran jika rajutan saya sering amburadul, tidak karuan bentuknya. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya saya paham istilah-istilah knitting. Yeay!

Mengenal Poyeng, saya seperti bertemu kembali dengan masa kecil saya. Saat ibu sedang menjahit, saya bermain-main dengan peralatan jahitnya dan saya yang ditugasi membeli benang. Mengenal Poyeng, membuat tangan saya kecanduan membuat berbagai macam rajutan. Ada perasaan bahagia saat kedua tangan saya menghasilkan sebuah produk rajutan. Mengenal poyeng, berarti juga mengenal orang-orang dengan berbagai macam karakter. Terutama para asisten Poyeng, mereka keren! Mau menerima keberadaan saya, ‘alien’ yang tersasar di dunia craft.

Apa kata Henny tentang owner Poyeng:

Bagaimana ya mengungkapkannya? Mungkin begini, ibarat saya adalah rakyat jelata di negeri Ngayogyakarta yang kemudian bertemu dengan raja dan ratu di keraton. Satu lagi, banyak yang bilang mereka itu sepaket, tapi buat asisten Poyeng Selatan itu tidak berlaku. Sebab, ketika mas Bas ke selatan, mbak Ajeng sering nyangkut di Poyeng Utara.

Satu kata untuk Ducky. Suka! Udah.

Apa kata asisten Poyeng tentang Henny:

Bulan
mb hen ituuu sabar,baik hati, terus apa ya... Pokoknya baik banget deh. Oh iyaa.. Kalo mb hen udah bikin project knitiing, suka pengen ikut bikin jg.. Abisnya bagusss ^ ^);. Dan bikin iriii jugaa hahaha :D






Ifa
Mbak Heni itu udah kayak kakak sendiri. Kalau lagi sama mbak Hen, kita suka ngobrolin soal buku dan tokoh-tokoh fiksi. 









Farah
Pertama kali main di Poyeng ya ketemunya sama mb Hen ini, pipinya tembem hidungnya mancung orangnya cantik. Heuheu
Dia yang sering mengajariku untuk terus mengembangkan skill knitting kuu dan aku merasa aman bila waktu jaga ditemani oleh mb Hen karena aku merasa ia adalah “Ibuku” di Poysel wkwkwk







Oneng
Mbak Henny orangnya super duper sabar, selalu kasih solusi yang oke waktu aku konsultasi sweater pertamaku yang nyusahin itu, hm. Baru tau kalo Mbak Henny bisa ketawa ngakak waktu udah jadi asisten di PoySel. Kirain kalem banget gitu hehehe. Mbak Henny paling jago pokoknya, kalo ada pembeli yang nanya dan aku gak tau jawabannya, pasti Mbak Henny tau hihihi. Baik bangeeet, suka nganterin Mbak Bulan pulang dan bantuin nutup rolling door. Maafkan, aku kurang gizi T.T



Irin
Kalo inget heni itu yg pertama kali aku inget pasti kalem nya sama klo ngomong sama orang bisa halus+lembut gitu (dan aku iri banget sama itu,soalnya gabisa!). Karena aku sama dia sama2 fulltime di poyeng jadi kita sering jadi temen panik bareng kalo pas ada benang/barang dateng dan harus identifikasi itu barang lama ato baru. Walau pas awal kenal aku kirain dia anaknya anteng, ternyata aslinya rame & asik diajak gosip2 unyu gitu.



Ria
sbnernya gk pernah kebagian ngeshift sama mb henny. Mb henny 'lahir' di poyeng di saat aku cuti.. tapiii, bukan brarti kami b2 g saling kenal. Biar cutii, updet ttg poyeng ttep doonk. Haha. Sejauh mengetahui si embak yg skrg 'pemimpin' asisten poysel ini, dia orgnya baiiik, aluuus, rajiiin, tapi ttep kalo diajak gojeg ya bisa laaah XD.. daaaan, yg rada kaget itu, walaupun badannya kecil, kekuatannya buat makan itu BUESAAR. hahahaha. Cepet dpt jodoh ya mbaak, org jogja ajaaa ;)



Wina
Mbak heni ini anak mbak Ajeng yang paling alim yang aku tau. Selalu kelihatan pake rok. Selain mbak annis, mbak heni satu-satunya asisten yang manggil aku mbak sekalipun umurnya lebih tua dari aku. Suara alusnya cuma kalah pelan sama mbak aya, tapi mbak heni bisa lho mengeluarkan statement nyelekit. Tetap dengan senyum dan nada halus tentunya. Itu nggak pernah ketinggalan hehe. Biar sekarang mbak heni di selatan, masih kadang-kadang ke utara dan 'berbagi berita' bareng asisten utara hihihi.



Ifel
ukhti2 manajer poyeng selatan. Sama kayak kak Irin, hantunya poyeng, tapi poyeng selatan. Selama jam buka poyeng, kayaknya pasti ada mb Henny. Jarang ketemu mb Henny sih, tapi mb Henny baik kok, lemah lembut. Lucu kalo udah sama-sama bingung soal kode benang sama kak Irin wakakakak






mba Poyeng
Henny ini sebenarnya mantan anak lama yang direkrut ulang. Bukti bahwa sekali masuk Poyeng, susah move on-nya, bahahaha. Dia juga penulis, malah lebih sangar dari aku karena dia nulisnya novel, sementara aku nulisnya tutorial. Suka Harry Potter juga, bahkan sampe naik motor pake kacamata bulatnya Harry! Positif thinking dan polos bangeettttt, kebalikan ma aku yang seringnya curigaan ke orang asing. Tapi bagusnya Henny dia mau dan cepat belajar. Jangan sungkan nanya apapun ke kita ya Heeenn... Moga2 kamu lamaaaaaaaaa di Poyeng kayak Irin. ^ ^
Psstt, sebenarnya aku sering nyangkut di utara gara2 tempat dudukku di motor dijajah benang. - -);

Friday, July 15, 2016

Mengenal Asisten Poyeng : Farah

* postingan ini adalah artikel gaya bercerita yang memang bener-bener dari tangan pertama. :)

Aku Farah, capricornus, asli suroboyo, dan pemakai behel (tidak selamanya).
Penyuka ngemil dan sukak makan, tapi pokoknya ga suka makanan semacam jeroan dan kambing atau gajeh gajeh gitu. Aku ga masalah dibilang gendut, dan kalo aku ga makan itu bukan berarti diet mungkin lagi males aja. Tapi aku sama sekali ga takut gemuk dan malah aku pengen banget punya pipi tembem. Sekarang umurkuw 20 tahun, dan akuu ingin hepi hepi aja. Aku gak terlalu yang sibuk mempersiapkan masa depan yang penting hati senang hidup tentram semua tinggal dijalanin jaaaa. Walaupun kadang juga kepikiran masa depan siiihhhh. Heuheuheuu

Aku penyuka deadline, rasanya kalo semua serba kepepet itu asik dan gregetttt. Aku justru bukan orang yang mempersiapkan semuanya dengan sempurna karena aku penyuka kejutan dan apa adanya. Heuheu. Ku pengagum Dian Pelangi yeahh she’s my inspirator dan aku dapet hidayah pake hijab dari dia. Alhamdulillah. Aku islam tulen dari lahir dan berusaha terus memantaskan diri menjadi muslimah sejatiee yang sholihahh. Wqwqwq

Aku assistant baruuu di Poyeng sejak April 2016, baru banget kannn dan aku belajar knitting dari situ. Dulu sih cuma bisa crochet doang itupun tanpa pola dan asal jadi. Di poyeng aku merasa disana adalah tempat bermain dan belajar. Kusenang dan kugembira menjadi bagian dari keluarga Poyeng btw makasih Al temen jurusan DKV yang ngenalin aku sama poyeng.

Apa kata Farah tentang owner Poyeng:

Mas Bas dan Mba Jeng serta si Ducky
Awal ketemu mereka pas interview rasanya deg deg an, dan nerveous ini beneran bukan lebay. Karena aku merasa ada perbedaan ‘kasta’ diantara kami karena mereka adalah big boss quh. Tapi lama – kelamaan bisa nyantai jugaa dan karena mereka masih muda jadi nyambung. Yaaaa bisa jadi teman dan bos yang baik. Mb Jeng itu punya muka manis dan jawa banget dan btw makasih banyak sudah membantuku dalam tugas ku yaa Mbaa Jeng. Dan mas Bas adalah seorang yang kalem dan sepertinya penyayang. Jadi kalian adalah pasangan yang kompak dan romantis wqwqwq

Si Ducky itu lucu yaa warnanya biru tapi sayangnya aku belum pernah naik in kamuu.. Kapan2 kamu ajak aku jalan – jalan yaa Duckyyyy

Apa kata asisten lain tentang Farah:

Henny
Farah itu lucu, bisa kekanak-kanakan tiba-tiba. Ekspresif, bisa heboh sendiri saat hatinya sedang senang. Sungkan-an, bisa maju mundur saat mau bertindak. Fans beratnya Dian Pelangi sama Taylor Swift. Dan ia termasuk golongan orang-orang yang beruntung, bisa suatu waktu menang undian, gitu.






Ifa
Orangnya lucu. Awal dia masuk sih enggak banyak ketemu shift yg bareng Farah, jd belum begitu deket. Tapi akhir2 ini setelah ada shift yg bareng sama Farah, ternyata dia orangnya lucu dan asyik. Menyenangkan deh klo udah ngobrol akrab sama farah. XD







Bulan
meskipun baru kenal tapi yang jelas anaknya baik. Farah itu partner becandaan sayahh, hahaha XD Note: itu semua becandaan ya farr.. Bukan bully. m(_ _)m








mba Poyeng
Baru sebentar di Poyeng tapi dah nambahin bikin heboh. Ceria gitu orangnya. Jurusannya juga mirip2 aku, jadi lumayan nyambung lah kalo ngomongin tugas. Intip2 instagramnya, ternyata sering bergaya dan posting selfian. Sekalian aja gitu bikin fashion blog Far #farfaraway.. Doaku sih semoga tahan lama di Poyeng. Aamiin.

Related Posts with Thumbnails
beberapa link tersambung ke Facebook. Pastikan situs tersebut tidak terblokir di tempatmu :) Tidak perlu punya akun FB untuk bisa membuka Page Poyeng ;)

Sponsored Video